Sunday, May 3, 2009

"....."

Apa yang akan terjadi jika hari ini segala sesuatu yang ada padamu tiba-tiba hilang? Rumah, Mobil, harta atau orang-orang yang disayang semua hilang tanpa ada jejak sedikit pun. Kecewa, sedih, atau menyesal? manusiawi. Setiap orang akan merasakan hal yang sama. Namun ketika perlahan-lahan waktu mulai menghapus jejak itu, tidak semua orang dapat bangkit dan memulai awal yang baru. Ada yang duduk dan mengasihani diri tanpa harapan dan merasa bahwa semua kebahagiaannya telah direnggut namun ada juga yang bangkit dan selalu melihat peluang untuk memulai kembali dari awal. Itu adalah pilihan yang setiap orang diberi kekuasaan mutlak untuk memilihnya tanpa pembedaan.

Hidup tidak akan pernah sama. Selalu bergerak ke arah perubahan, baik secara evolusi atau revolusi tergantung kepada waktu dan elemen-elemen pembentuk hidup itu sendiri. Ketika segala sesuatu berjalan sesuai dengan kehendak kita maka hidup seakan bergerak cepat sangat cepat malah sehingga kita tidak mampu melihat dan merasakan lebih dalam lagi atas kenikmatan hidup yang kita dapatkan. Tidak ada waktu untuk bersyukur atas segala kenikmatan itu karena kita menggerakkan hidup dengan waktu yang cepat.

Ketika saatnya penderitaan atau cobaan yang datang menghempas maka hidup itu akan berubah dengan sangat lambatnya. Begitu menyiksanya. Namun tetap tidak ada rasa syukur yang terucapkan selain kata-kata hampa yang sia-sia. Bukankah seharusnya ketika ada musibah menghampiri kita itu berarti kita sedang diberi ujian olehNya untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi lagi? Sama seperti anak SD yang akan menuju ke jenjang SMP kemudian SMU dan akhirnya sampai menamatkan pendidikan perguruan tinggi. Masing-masing tahapan memiliki ujian tersendiri setelah cukup untuk waktu belajar. Bukankah setiap waktu pembelajaran tersebut menjadi berarti ketika ujian tiba? dan sia-sialah setiap waktu yang kita gunakan untuk belajar jika ujian tidak pernah ada. Demikian juga dengan setiap musibah, cobaan, ujian, atau apa pun nama yang dilabelkan manusia atasnya semuanya itu berguna bagi peningkatan nilai kita sebagai manusia yang seutuhnya. Waktu untuk belajar telah diberikan, gunakan dengan sebaik-baiknya untuk belajar bukan hanya untuk mengetahui. Jadikan sebagai bekal untuk menghadapi setiap perubahan baik yang bergerak cepat maupun lambat.

No comments: