Monday, March 10, 2008

Kite Runner (Khaled Hosseini)



Sinopsis:

Buku ini bercerita tentang persahabatan yang tulus, kasih sayang, penghianatan dan persaudaraan antara Amir dan Hasan. Amir menghianati Hasan satu-satunya sahabat sekaligus saudara yang dia miliki. Perasaan bersalah menghantui Amir, mencoba menyingkirkan perasaan itu merupakan satu-satunya cara untuk menjalani kehidupan. Namun setelah Hassan pergi, tak ada lagi yang tersisa dari masa kecilnya. Seperti layang-layang putus, sebagian dari dirinya terbang bersama angin. Tetapi, masa lalu yang telah terkubur dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama. Dan seperti layang-layang, tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangannya yang mewujud kembali.

Luar biasa. Buku ini mampu menghadirkan emosi pembacanya. Khaled Hosseini berhasil mencampur aduk perasaan pembaca antara sedih, geram dan bahagia. Ini buku pertamanya dalam edisi bahasa Inggris dan langsung menjadi best seller. Mengambil setting Afghanistan masa kepemimpinan Taliban, setiap tokoh yang dihadirkan di buku ini memiliki porsi yang pas dan karakter yang kuat. Masing-masing punya masa lalu yang kelam namun tidak tenggelam di dalamnya melainkan belajar untuk bangkit dan akhirnya berhasil untuk keluar dari masa kelam itu tersebut dan bukan lari dari masa kelam.

Buku ini selesai aku baca sekitar minggu lalu. Aku paling suka dengan kata-kata Hasan, untukmu keseribu kalinya (for you, a thousand times over) dan kata-kata ini jugalah yang akhirnya diucapkan Amir kepada Sohrab anak Hasan.

Adegan yang paling dramatis dan hampir membuatku menangis, saat Hasan mempertahankan layang-layang yang dimenangkan Amir dari tangan Assef dan teman-temannya yang mencoba merebutnya. Hasan tak kuasa melawan Assef, kemudian Assef melakukan tindakan asusila kepada Hasan. Semua kejadian itu dilihat Amir dengan jelas namun dia tidak memilki keberanian untuk menghalangi Assef melakukan tindakan tersebut. Selanjutnya adegan yang paling tragis, saat Hasan ditembak pasukan Taliban di depan rumah Baba untuk melindungi rumah tersebut dari serangan pasukan Taliban.

Banyak kejadian-kejadian yang menarik yang digambarkan di buku ini. Untuk lebih lengkapnya jangan lupa untuk membeli dan membacanya. Sangat layak untuk dikoleksi. Satu lagi, kalau sudah selesai baca kite runner jangan lupa melanjutkannya ke novel A Thousand spledid suns ya...

No comments: