Sunday, February 17, 2008

EMO

Mungkin kedengarannya sudah basi kalo hare gene masih ngomongin band emo. Tapi tidak salah juga kan kalau hanya sekedar berbagi tentang informasi tentang band emo.

Emo, Whats??
"Screamo is a musical genre which evolved from emo, more specifically hardcore emo in the early 1990s. Characteristic of the genre are harcore screaming vocals and fast, harmonized guitars. Breakdowns in screamo songs are often slower and more melodic than in other genres, less of a "beatdown" and more an opportunity for introspection (and rest for the musicians). Other than that, it is fairly hard to classify (particularly since the rule about screaming vocals is bent fairly often). It is sometimes also mistakenly referred to as emo violence, which is closely related (although bands in both genres borrow ideas from each other). Lyrically, screamo topics are often times introspective, although it is not uncommon to see a screamo band with political lyrics. Most screamo songs use imagery and metaphors to communicate lost love or failed friendships ". (Intinya emo itu genre musik hardcore yang lebih mellow yang liriknya seputar introspeksi diri mengenai hubungan cinta dan persahabatan yang gagal)

Emo and I
Jujur saja, saya sangat menyukai band emo. Akhir-akhir ini tiada hari tanpa mendengarkan emo. Dashboard confessional tetap menjadi favorit, selain My Chemical Romance, The Used dll. Terakhir, Underoath menjadi koleksi band emo yang sering diputar. Awalnya atas referensi seorang teman yang meyakikan seorang emo freaky tidak akan lengkap tanpa mendengarkan band yang satu ini. Band ini sedikit berbeda dengan band emo yang lain. Untuk lirik tetap sama, menyayat dan emosional seagai salah satu ciri khas band emo. Tapi untuk band yang satu ini sedikit banyaknya di setiap lagu yang mereka mainkan cenderung metalcore, meskipun masih tetap ada lagu yang easy listening.
Band emo baru dikenal luas masyarakat sejak dua atau tiga tahun terakhir ini. Diawali dengan kemunculan band band seperti My chemical Romance, Dashboard Confessional, The story of the year dan lain-lain, aliran emo menjadi dikenal masyarakat luas. Sebagian orang masih sulit untuk membedakan antara aliran musik ini dengan aliran musik metalcore atau punk ghotic. My Chemical Romance sendiri di salah satu wawancara majalah musik lebih senang menyebutkan kalau aliran mereka itu punk ghotic. Tapi apa pun itu, mereka tetap lebih dikenal sebagai band emo. Dibandingkan dengan metalcore, emo mungkin lebih easy listening. Lirik-liriknya lebih menyayat dan kadang sangat emosional. Di bagian lirik inilah yang menjadi daya tariknya. Lirik yang emosional ditambah lengkingan suara yang menjerit, sehingga muncul istilah lain seperti screamo (screming emo).

Am I emo??
Pertanyaan yang wajar untuk ditanyakan setiap orang yang tergila-gila dengan emo. Penampilan gaya emo merupakan perpaduan antara hardcore, metal dan punk.Tapi yang penting dalam emo itu memang liriknya bukan penampilannya. Jadi kalau mau disebut sebagai anak emo, tidak perlu bersusah payah untuk piercing, tato atau pakai maskara hitam. Cukup nikmati musiknya saja dan tetap no drugs or alcohol, free sex??NO WAY....

2 comments:

Anonymous said...

emo kemana?
emo gak temenenin aku kesana?
emo ga emo yang penting ngumpul..

Unknown said...

artikel anda di

http://musik.infogue.com/emo_and_i

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia widget shareGue dan info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!