Saturday, February 23, 2008

Martonggo Raja

gak terasa sudah berhari-hari gak nulis, ya.. lagi banyak-banyak nya kegiatan yang menyita perhatian (ceilee... bilang aja lagi gak ada ide) hehehehehe, kok tahu??? yawdah, nih mulai nulis lagi.

hari kamis kemaren, dapat Pesan YM dari kak ade.
"Nor, ntar pulang kerja temanin kaka ya.."
kemana?
"ada teman sekantor lagi ngadain martonggo raja"
apaan tuh kak?
"gak tahu... ya..mungkin acara adat sebelum menikah kali, soalnya dia mau nikah..."
oh gitu.. tapi aku pake baju branded kak, acem??
" lengkap ama baret-baretnya ya??"
iya
" ya.. gpp nya itu... biasa aja ntar ko pinjam jaketku"
yaw dah ntar pulang kerja aku cabut ke kantor kaka
" seep.. mayan.. makan-makan"
hehehehe.. tahu aja ko kak, klo aku suka makan
" yukkkk...

Jam setengah 5 teng, langsung cabut ke kantor kak ade. Gak jauh, cuma sekitar 5 menit dari kantor ya secara kantor kita kan masih terbilang tetanggaan. Naik ke lantai 2, trus ketemu dengan kak ade dan staff-staff lain, gilakk baru ditinggal sebulan sudah banyak perubahan di kantor ini. Dari mulai penggantian office boy, penambahan staff admin de el el. Yup.. anggi alias anton si banci kaleng sudah gak kerja di sini lagi (anggi.. mizz u...). Gak lama kemudian, order taksi, trus tembak langsung ke sukadono tempat acara martoggoraja diadakan. Ini pertama kali mendatangi wilayah sukadono dan baru tahu kalau sukadono itu dekat dengan LP tanjung gusta.

Sesampai di sana sekitar pukul 18.00, acara belum dimulai. Busyett.. ternyata ini merupakan salah satu acara adat pra nikah. Rame, dihadiri anggota keluarga dari mulai ompung2 nya, namboru, tulang de el el sampai orang sekampung ngumpul semua. Still pe de aja, trus menyalami satu per satu tamu yang hadir. Ditanyain boru apa? Girsang. Trus balik nanya, girsang itu marga apa ya? yahh capek jelasinnya dan bingung juga mengapa yahh orang gak begitu kenal dengan marga girsang. Akhirnya aku jawab aja, purba. Untunglah ibu-ibu itu ngerti dan gak tanya yang macem2 lagi.

Pukul 18.30, acara makan malam dimulai, intinya di sini. dalam acara itu orang tua pihak laki-laki memberikan ikan mas dan diterima secara bersama-sama kedua calon mempelai serta diiringi dengan kata-kata yahh mungkin sperti permohonan dan berkat (kurang ngertilah...). Sehabis makan malam, masih banyak yang dibicarakan tapi aku dan kak ade sudah terlanjur bosan duduk manis di depan, akhirnya memilih mengungsi ke dapur.

Setengah sembilan malam, acara sudah selesai, dan waktunya pulang... sampe rumah jam setengah sepuluh trus mandi trus tidur zzzz...zz..zzzzz....zzz

2 comments:

Anonymous said...

ada ketemu seseorang yang ehem2 ga di acara martonggo raja nya?
hekhekhek..

Anonymous said...

Saya juga pernah alami kayak gitu...ditanyakan : Dimargakan ke marga apa?
lalu saya jawab : Girsang.
yang tanya : Girsang?
Lalu balik saya yang bingung,koq inang ini gak tahu marga Girsang ya?lalu dgn cepat saya lanjutkan : Purba Simalungun inang....

Ternyata banyak juga Halak Toba yang gak tahu tentang keberadaan marga Girsang ini,krn cuma ada di Saribudolok/Silimakuta Simalungun sekitarnya...

Diatei tupa ma....
jangan lupa jalan2 ke blog saya ya botou : www.sevilla99.wordpress.com